Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selasa, 31 Agustus 2010

CERAMAH TARAWIH : SHALAT

Ceramah Tarawih oleh Uztad H. Lomba Sultan, Malam Ke 22 Ramadhan.
Begitu penting arti sholat dalam agama Islam. Bila sholat sudah mulai dilalaikan, maka bersiaplah mendapat adzab yang pedih di akhirat kelak. Na’udzubillahi min dzalik. Agar sholat kita baik dan berharap diterima oleh – Nya, maka kita perlu mengerti apa saja yang berhubungan dengan sholat yakni rukun – rukunnya.

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda: “Perbuatan manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat kelak adalah sholatnya. Bila sholatnya baik, dia akan beruntung dan selamat. Akan tetapi, bila sholatnya tidak benar, dia akan gagal dan merugi. Jika ada yang kurang sedikit dari kewajiban yang dilakukannya, kelak Tuhan yang Maha Gagah dan Maha Mulia akan berfirman: ‘(Wahai Malaikat), perhatikanlah apa hamba-Ku ini melakukan sholat sunnah sehingga dapat menyempurnakan kekurangannya dalam melakukan sholat wajib, kemudian semua amalnya akan dihisab dengan cara seperti ini.’”
(H.R. Tirmidzi, Hadits hasan)
Saya percaya Anda adalah orang yang ingin belajar agar menjadi pribadi (insan) yang semakin baik. Pertama, marilah kita belajar tentang rukun sholat. Rukun sholat ada 13 (tiga belas).   Yaitu :
  1. Niat. Niat dilaksanakan di dalam hati serta lisan dan dibarengi dengan takbirotul ikhrom.
  2. Berdiri bagi yang mampu di dalam fardhunya. Bagi orang lanjut usia, bila dirasa tidak mampu berdiri, diperkenankan sholat dengan duduk, dan seterusnya melihat kondisi badannya.
  3. Takbirotul Ikhrom.
  4. Membaca surat Al Fatihah. Tasydid harus jelas.
  5. Ruku’ disertai dengan Tuma’ninah. Arti Tuma’ninah adalah berhenti sekira membaca lafadz subhanalloh.
  6. I’tidal disertai dengan tuma’ninah. I’tidal adalah bangun dari ruku’
  7. 2 sujud disertai dengan tuma’ninah.
  8. Duduk diantara 2 sujud disertai dengan tuma’ninah.
  9. Duduk yang akhir.
  10. Membaca Tahiyat pada duduk yang akhir.
  11. Membaca sholawat kepada Nabi pada duduk yang akhir.
  12. Tertib di dalam rukunnya. Artinya tidak loncat – loncat, missal dari rukun yang 1 terus langsung ke rukun yang ke 5.
  13. Salam yang pertama, ketika menoleh ke arah kanan.
Itulah rukun – rukun dalam sholat yang harus diketahui bila berharap ibadah sholatnya ingin diterima. Banyak orang yang mengaku Islam, saat ini dengan mudahnya meninggalkan sholatnya dengan alasan pekerjaan. Sungguh suatu kerugian dan kemalangan yang sangat besar yang tidak disadari olehnya.
Semoga kita dapat senantiasa menjaga sholat kita dan termasuk dalam golongan orang yang beruntung baik di dunia maupun di akhirat. Amiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar